BAPELITBANGDA SELENGGARAKAN RAPAT KOORDINASI, EVALUASI RKPD DAN RPJMD SAMPAI DENGAN TRIWULAN III TAHUN 2021

RANGKASBITUNG. Bapelitbangda Kabupaten Lebak mempunyai tugas salah satunya yaitu mengawal pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Hal ini dilakukan agar konsistensi pencapaian Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Lebak terjaga. Secara sederhana pelayanan publik kepada masyarakat dapat ditunaikan, baik bidang infrastruktur, ekonomi, pendidikan, kesehatan, serta bidang yang lainnya.

Rapat koordinasi ”Evaluasi dan Pengendalian RKPD dan RPJMD Tahun 2021” diselenggarakan melalui zoom meeting diikuti oleh 21 participants pada Senin (11/10/2021). Kabid P2EPD Widy Ferdian, SP.,MA membuka rakor tersebut dengan memaparkan realisasi APBD Kabupaten Lebak sampai dengan triwulan III 2021 yang terdiri dari: (1) realisasi pendapatan sebesar 70,72%; (2) realisasi belanja 63,20%; dan (3) realisasi pembiayaan 8,77%.

Pada kesempatan itu Kabid P2EPD menyampaikan teknis pengisian format evaluasi hasil RKPD dari Bappeda Provinsi Banten, dalam pemaparannya Kabid P2EPD menyampaikan “Para Kabid dan Kasubid saya harapkan mendampingi mitra perangkat daerahnya masing-masing terkait evaluasi RKPD ini, agar data capaian kinerja dan keuangannya kita peroleh secara akurat.” Selain itu rakor juga membahas progress laporan evaluasi hasil renja perangkat daerah tahun 2021 triwulan III dimana masih ada beberapa perangkat daerah dan kecamatan yang belum menyampaikan laporan.

Untuk evaluasi RPJMD, fokusnya yaitu evaluasi indikator kinerja darah, indikator kinerja utama, dan indikator berdasarkan aspek. Rencananya di akhir desember atau palign lambat minggu ke 1 januari 2022 laporan evaluasi hasil RPJMD sudah disampikan perangkat daerah ke Bapelitbangda.