MONITORING DAN EVALUASI PATEN DI KECAMATAN MUNCANG

Lebak, Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (PPM) Bapelitbangda Kabupaten Lebak melalukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Muncang pada hari Kamis. (30/09). Monev dipimpin oleh Kabid PPM, Rian Hardian, S.STP. MAP.

Sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 bahwa maksud PATEN adalah mewujudkan Kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di kabupaten/kota.

PATEN adalah penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat melalui satu loket pelayanan. Untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan, maka syarat yang harus dipenuhi adalah adanya pelimpahan sebagian wewenang dari bupati kepada camat. Dengan demikian, pelayanan yang dilakukan oleh kecamatan menjadi lebih berkualitas, mudah, murah, cepat, dan transparan.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Monev PATEN tersebut untuk melihat sejauh mana pelayanan publik yang sudah dilaksanakan di Kecamatan terutama pelayanan perizinan maupun non-perizinan kepada masyarakat.

Kemudian, ada beberapa kendala-kendala yang disampaikan oleh Kecamatan, dan ini merupakan masukan bagi dinas-dinas terkait juga Bapelitbangda sebagai perencana untuk perbaikan di masa yang akan datang. Dan melalui kegiatan monev PATEN ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi Kecamatan, agar meningkatkan pelayanan  dan terus berinovasi, sehingga bisa memberikan pelayanan yang maksimal bagi warga yang ada di Kecamatan Muncang.