BAPELITBANGDA KABUPATEN LEBAK MENGHADIRI FORUM SATU DATA PROVINSI BANTEN

SERANG (Bapelitbangda Kabupaten Lebak) – Bappeda Provinsi Banten menyelenggarakan “Forum Satu Data Provinsi Banten” yang bertempat di Ruang Ex Litbang Bappeda Provinsi Banten pada Jumat, (29/10/2021). Acara dini dihadiri oleh seluruh Bapelitbangda dan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten.

Mengawali pembukaan acara tersebut Kepala Bappeda Provinsi Banten Dr. Mahdani, ST, SE,M.Si mengatakan “siapa yang menguasai data, maka dia akan menguasai dunia,” ini menekankan betapa pentingnya peranan data baik di lingkungan masyarakat, dunia usaha, dan penyelenggaraan pemerintahan. Bagi Bappeda Provinsi Provinsi Banten, data menjadi ujung tombak untuk merencanakan kebijakan-kebijakan strategis baik berupa perencanaan jangka Panjang, menengah, maupun tahunan.

Forum Satu Data Provinsi Banten merupakan kelanjutan dari kebijakan nasional yaitu Satu Data Indonesia yang bertujuan menghasilkan data  yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses oleh publik. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Provinsi Banten Ir. Hj. Eneng Nurcahyati yang menjadi narasumber mengajak seluruh perangkat daerah di Lingkungan Provinsi Banten dan kabupaten/kota untuk bersama-sama mensukseskan Banten Satu Data. Hj. Eneng Nurcahyati juga menyampaikan peran Diskominfo, Statistik, dan Persandian yang berperan sebagai Walidata mulai dari tahap pengumpulan, pengelolaan data, pelayanan permohonan data, pemeriksaan, menyebarluaskan, dan membantu pembina data produsen data.

Para peserta rapat juga diberikan materi mengenai “Meta Data” dari BPS Provinsi Banten yang disampaikan oleh Nur’izzah Inayati, SST, MT selaku Sub Koordinator Fungsi Diseminasi dan Layanan Statistik BPS Provinsi Banten. Jika sudah memahami tentang meta data, diharapkanpara aparatur mampu menggambarkan data, menjelaskan data, serta memudahkan pencarian, penggunaan, dan pengelolaan informasi data.

Setelah Forum Satu Data ini terselenggara, ke depan rencananya Diskominfo, Statistik, dan Persandian Provinsi Banten akan melaksanakan kegiatan lanjutan yang bersifat teknis.