Kunjungan Lapangan dalam Rangka Perencanaan SPAM Regional Karian Timur Non KPBU

Sajira – Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak bersama PDAM Tirta Multatuli Lebak mengikuti kunjungan lapangan ke rencana off-taker Rangkasbitung, Waduk Karian, dan rencana jalur conveyance. Turut serta rombongan dari Kementerian PUPR (Ditjen SDA, Ditjen Cipta Karya, dan BBWS C3), Konsultan PPC Banten, dan perwakilan dari Disperkim Banten hingga Pemda Kabupaten Tangerang. Hal ini dilakukan untuk pengenalan/verifikasi lapangan rencana lokasi SPAM Regional Karian Timur meliputi rencana lokasi off-taker dan jalur distribusinya.

Dari hasil kunjungan ke kantor Karian Multipurpose Dam Project didapatkan informasi bahwa pembangunan fisik waduk ini sendiri ditargetkan selesai akhir tahun 2021, namun untuk intake Karian Timur baru bisa selesai pada tahun 2023 dikarenakan pipa conveyen dari Ciuyah Tunnel hingga Villa Mutiara baru mulai konstruksi pada tahun 2022. Oleh karena itu, penggenangan waduk baru bisa dilakukan pada tahun 2023 dengan membutuhkan waktu 1 tahun sehingga pada tahun 2024 diharapkan bisa mencapai muka air normal. Untuk kemudian skenario optimis pada tahun 2024 akhir, air sudah bisa dipompa hingga Villa Mutiara. Saat sesi diskusi terdapat masukan terhadap rencana SPAM Regional Karian Timur Non KPBU ini bahwa perlu ada rencana pertukaran alokasi air bersih di mana off-taker Rangkasbitung menjadi 0,2 m3/s dan off-taker Maja menjadi 0,4 m3/s dengan pertimbangan teknis masih tingginya idle capacity di Rangkasbitung dan Maja akan mengalami defisit pada tahun 2035. Selanjutnya konsultan PPC Banten akan mengkaji lebih lanjut mengenai alokasi air dan juga rencana lokasi off-taker Rangkasbitung untuk kemudian bisa ditindaklanjuti oleh Pemda dengan berkirim surat mengenai pertukaran alokasi air dan menggeser lokasi off-taker ke tanah Pemda.

Sebagai informasi bahwa SPAM Regional Karian Timur Non KPBU direncanakan melayani 2 wilayah yaitu Kabupaten Lebak dan Kabupaten Tangerang. Di Kabupaten Lebak direncanakan terdapat 2 off-taker dengan alokasi air baku 600 l/detik. Off-taker Rangkas Bitung, dialokasikan 400 l/detik dan off taker Maja dialokasikan 200 l/detik. Rencana wilayah pelayanan off-taker Rangkas Bitung meliputi 6 kecamatan, dimana deiniasi areanya berdasarkan wilayah yang belum mendapatkan pelayanan SPAM eksisting dari PDAM, atau desa yang belum ada jaringan perpipaannya. Sedangkan rencana wilayah pelayanan off-taker Maja merupakan wilayah green field atau belum terlayani SPAM eksisting PDAM juga, yang meliputi sebagian Kecamatan Maja dan sebagian wilayah pengembangan perumahan di Kawasan Kota Baru Publik Maja.