BAPPEDA LEBAK MANTAPKAN IMPLEMENTASI SIPD MENJELANG TAHUN PERENCANAAN 2022 DENGAN MENGGELAR PELATIHAN BERSAMA PUSDATIN DAN BANGDA KEMENDAGRI

BAPPEDA.LEBAKKAB.GO.ID –  Sejumlah Pejabat Esselon III dan Esselon IV Bappeda Kabupaten Lebak menadakan pelatihan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dengan  Kementerian Dalam Negeri, Kamis 3 Desember 2020. Pelatihan yang diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom meting ini menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Jiwa Muhamad Satria Nusantara, SIP.,M.A. dari Dirjen Bina Bangda Kemendari dan Adetya Cahya Ningrat, S.Kom dari Pusdatin Kemendagri.

Peluncuran aplikasi SIPD melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menyelenggarakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (e-government). Konten SIPD ini memuat pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi pemerintahan daerah lainnya yang saling terhubung untuk menghasilkan layanan informasi pemerintahan daerah yang terintegrasi dengan basis elektronik.

Pada pelatihan kali ini, Jiwa Muhamad Satria Nusantara merefresh kembali tahapan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan, khususnya RKPD 2022. Menurutnya, Dasar hukum, proses dan tahapan, serta kondisi eksisting di daerah  perlu diperhatikan secara seksama agar perencanaan mendatang lebih baik dan manfaatnya terasa oleh masyarakat.  Seanjutnya, secara teknis narasumber dari Pusdatin Kemendagri Adetya Cahya Ningrat, S.Kom memaparkan pelatikan manual book SIPD (Usulan Masyarakat (Akun Lembaga/Individu). Pelatihan teknis ini merupakan pembekalan untuk aparatur perencana di Bappeda Kabupaten Lebak yang nantinya informasi ini akan dishare ke seluruh perangkat daerah, kecamatan, dan desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak. Secara konten, aplikasi SIPD ini disiapkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, transparansi kegiatan serta anggaran. Adetya optimis, melalui semangat yang tinggi serta konsistensi upgrade pengetahuan aparatur tentang IT maka implementasi SIPD di Lebak segera berhasil.