Tim Menggelar Rapat Koordinasi dan Verifikasi Usulan Program dan Kegiatan DAK Fisik Tahun Anggaran 2021

Rangkasbitung – Di penghujung Tahun 2020 Bappeda Kabupaten Lebak terus bekerja untuk menyambut tahun perencanaan mendatang,salah satunya perencanaan usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2021.

Menurut  Permendagri No. 117 Tahun 2017 Dana Alokasi Khusus adalah dana yang bersumber dari pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah

Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Tim Koordinasi dan Verifikasi Usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2021 telah melakukan rapat koordinasi pada Rabu 11 November 2020 melalui zoom meeting yang diikuti oleh 11 anggota Tim. 

Pada rapat koordinasi tersebut, sekretaris Bappeda Kabupaten Lebak selaku pimpinan rapat merefresh Kembali anggota Tim untuk mengingatkan perangkat daerah penerima DAK Fisik agar memperhatikan  jadwal penyusunan Rencana Kegiatan (RK) DAK fisik secara tepat waktu.  Fase penyusunan Rencana Kegiatan (RK) terdiri dari 3 fase yaitu: (1). Fase Usulan Rencana Kegiatan (URK) dimulai tanggal 19 Oktober – 4 Desember 2020; (2). Fase Rencana Kegiatan (RK) tanggal 5-8 Desember 2020; dan (3). Fase Penetapan Rencana Kegiatan (RK) tanggal 18-31 Desember 2020.

 

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim, terdapat 9 (Sembilan) perangkat daerah penerima DAK Fisik untuk tahun anggaran 2021 yaitu: Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, DP2KBP3A, Dinas PUPR, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan.

 

Adapun total pagu DAK fisik yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Lebak di tahun 20201 adalah sebesar Rp. 160.574.362.000,00 yang dialokasikan pada sub bidang Pendidikan, Kesehatan dan keluarga berencana, jalan, air minum, sanitasi, perumahan dan permukiman, irigasi, pertanian, kelautan dan perikanan, pariwisata dan transportasi perdesaan. Di sela-sela penutupan rapat, Sekretaris Bappeda Kabupaten Lebak berharap tim dan perangkat daerah penerima DAK fisik dapat bekerjasama secara propesional dan koordinatif agar kegiatan ini berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *