BAPPEDA KABUPATEN LEBAK GELAR MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN

Musrembang Kecamatan Cihara RKPD kabupaten Lebak tahun anggaran 2021. Dengan “Tema peningkatan iklim usaha investasi sektor kepariwisataan serta daya tarik obyek dan destinasi pariwisata”.

Musrenbang merupakan salah satu tahapan dari Perencanaan Pembangunan untuk Tahun 2021 sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan , pengendalian dan evaluasi pembangunan Daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD , serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD, dan rencana kerja pemerintah Daerah. Musrenbang Tk. Kecamatan untuk RKPD Tahun 2021 dilaksanakan dari tanggal 28 Januari sampai dengan 5 Februari 2020. Untuk Pembukaan serentak di enam kecamatan yaitu Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Warunggunung, Maja, Cipanas dan Kalanganyar untuk pembukaan kali ini ada hal yang berbeda dengan hadirnya Ibu Bupati yang membuka musrenbang tingkat kecamatan secara online melalui Teleconference dari Data Center. Bupati dalam paparannya menyampaikan bahwa Musrenbang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mensejahterakan masyarakat yang dimana semua usulan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan indikator yang sangat dibutuhkan masyarakat. Putaran kedua Musrenbang dilaksanakan di kecamatan Leuwidamar, Muncang, Bojongmanik, dan Cikulur. Putaran Ketiga dilaksanakan di Kecamatan Cirinten, Curugbitung, Sobang, Cimarga, dan Lebakgedong. Putaran keempat dilaksanakan di Kecamatan Gunungkencana, Cileles, Cijaku, Banjarsari, Malingping, dan Cigemblong. Putaran kelima dilaksanakan di Kecamatan Wanasalam, Panggarangan, Cilograng, Bayah, Cibeber, dan Cihara. Untuk Putaran terakhir dilaksanakan di Kecamatan Sajira. 

Untuk Musrenbang tingkat kecamatan Cihara kabupaten Lebak provinsi Banten , dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 4 Februari tahun 2020. Musrenbang Kecamatan ini adalah penentuan dari Musrenbang Desa yang ada di Kecamatan Cihara, yang mana dalam pelaksanaan Musrembang Desa telah di laksanakan dari mulai tanggal 15 s/d 24 Januari 2020.

Musrenbang Kecamatan di Kecamatan Cihara sangat meriah dan dalam suasana yang sangat berbeda, seperti menampilkan tayangan video pada saat musrenbang desa, dan yang paling menonjol semua peserta berpakaian Rapih. Musrembang kecamatan dihadiri pula oleh :, Tim Musrembang Kabupaten Bapak Iman Hidayat, unsur muspika , unsur kepala desa ,perangkat desa ,tokoh masyarakatunsur pendamping desa, pendamping lokal desa , unsur organisasi dan badan kerja sama desa lainya.Camat Cihara Ade Kurniawijaya, SH, M.Si saat di kompirmasi mengatakan bahwa Tujuan dari musrenbang yang kita laksanakan ini adalah

1.Untuk membahas dan dan menyepakati musrembang tingkat Desa;

2. Menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di kecamatan;

3. Klarfikasi prioritas kegiatan sesuai pada bidangnya;

4. Menyusun nama delegasi Kecamatan untuk Forum SKPD.

Dan hasil kesepakatan tersebut akan menjadi masukan dalam penyusuna RKPD Kabupaten Lebak Tahun 2021 yang akan datang. Disamping itu Camat Cihara memberikan piagam penghargaan kepada Kepala Desa , yang melaksanakan kegiatan musrenbangdes terbaik, yaitu kepada Desa Karangkamulyan sebagai juara pertama, Desa Cihara sebagai juara kedua, Desa Mekarsari sebagai juara ke 3.