KABUPATEN LEBAK KONSULTASI IMPLEMENTASI SAKIP PADA APLIKASI MODUL SIMRAL

KABUPATEN LEBAK- Dalam rangka meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Lebak melakukan Konsultasi Implementasi SAKIP pada Aplikasi Modul Simral, kedatangan Tim SAKIP dari Bappeda Kabupaten Lebak di sambut baik oleh Tim SAKIP Bappeda Provinsi Banten, pada tanggal 01 November 2019 bertempat di Bappeda Provinsi Banten dengan di hadiri oleh Sekretaris dan Kepala bidang PE2EPD Bappeda kabupaten Lebak serta tim dari provinsi Kepala bidang perencanaan,pengendalian dan program pembangunan Bappeda Provinsi beserta jajarannya.

Dalam pembahasan pada modul SAKIP yang digunakan oleh pemerintah provinsi banten terdapat menu aplikasi verifikasi kinerja dan laporan kinerja bagi OPD, menu aplikasi verifikasi kinerja digunakan oleh bappeda provinsi banten untuk mengevaluasi hasil input kinerja kegiatan, kinerja program dan kinerja sasaran OPD. Selanjutnya untuk menu aplikasi laporan kinerja bagi OPD menampilkan capaian kinerja baik bulanan maupun triwulanan. Ujarnya Tb.Ence Fahrurozi, S.IP selaku kepala bidang P4

Sebagai bentuk apresiasi terhadap capaian kinerja OPD, Bappeda Provinsi Banten mengeluarkan Sertifikat Kinerja yang ditandatangani oleh Gubernur Banten bagi OPD yang mencapai Kinerjanya lebi baik. Selain itu, hasil evaluasi SAKIP juga menjadi komponen dalam perhitungan tambahan penghasilan pegawai. Untuk saat ini baru realisasi anggaran yang menjadi komponen perhitungan TPP, Kedepan realisasi kinerja yang akan dijadikan komponen perhitungan TPP. Selain Bappeda Provinsi Banten terkait TPP, selanjutnya Tim SAKIP dari Bappeda Kabupaten Lebak juga Konsultasi ke badan kepegawaian daerah provinsi banten untuk mengetahi perhitungan TPP, berdasarkan hasil konsultasi tersebut TPP provinsi banten di hitung berdasarkan komponen sebagai berikut: a. Kehadiran b. Realisasi keuangan dan kinerja c. Hubungan kerja antar pegawai d. Perilaku pegawai.