INOVASI SOLUSI KETERBATASAN

Pelayanan publik berkualitas merupakan tantangan bagi Pemerintah Daerah yang memiliki sumberdaya terbatas. Namun, keterbatasan yang ada tidak membuat inovasi dan gagasan yang muncul menjadi terbatas pula. Solusi tersebut dibuat tidak hanya untuk menyelesaikan satu masalah, tetapi dapat mengajak seluruh masyarakat bergerak dan sadar akan arti penting sebuah pemberdayaan.

Inovasi Jemput, Antar Ibu Hamil Bermasalah yang disingkat JAMILAH mampu mendobrak keterbatasan yang terjadi di Kecamatan Bojongmanik, salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kondisi geografis berbukit, infrastruktur belum memadai, pusat kesehatan yang membutuhkan perjalanan lima jam dari permukiman penduduk, serta jumlah petugas yang minim, tidak memadamkan tekad Bapak Halwani sebagai kepala Puskesmas Bojongmanik untuk dapat berbuat yang terbaik dalam melaksanakan tugas pengabdiannya.

Berbagai upaya ditempuh agar permasalahan kesehatan masyarakat dapat diatasi. Salah satunya adalah upaya menurunkankan kasus kematian ibu dan bayi. Gagasannya dengan mengajak masyarakat sekitar berperan dalam mengatasi permasalahan kesehatan,  berempati dan membangun solidaritas masyarakat terhadap lingkungan  sekitarnya.

Ajakan kepada kader posyandu, tukang ojek, tokoh masyarakat dalam mengatasi kematian ibu dan bayi membuahkan hasil yang memuaskan. Masyarakat  tertarik dan turut aktif berpartisipasi dalam upaya kesehatan.

Pada saat ada ibu hamil, ibu bersalin sampai nifas, kader secara kontinyu mendata dan memantau kondisi ibu hamil, serta bidan desa melakukan pemeriksaan. Saat kejadian, kader langsung bergerak menghubungi dan mendampingi ke fasilitas kesehatan serta membantu serangkaian proses dari pendaftaran, ke ruangan KIA, ruang dokter, laboratorium dan apotik. Tukang ojek dan kepala desa turut membantu memfasilitasi keberangkatan ibu hamil tersebut.

Keteguhan tekad Kepala Puskesmas Bojongmanik berhasil mengatasi permasalahan kematian ibu dan anak,  dimana jumlah kasus kematian ibu dan bayi sejak adanya inovasi JAMILAH menjadi  menurun. (Rangkasbitung, 5 September 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *