TIM KOORDINASI KOORDINASI DAN VERIFIKASI DAK FISIK KABUPATEN LEBAK MEMANTAPKAN PERSIAPAN UNTUK USULAN DAK TAHUN ANGGARAN 2020

RANGKASBITUNG – Sebagai bentuk komitmen pemerintah pusat terhadap pemenuhan standar pelayanan minimal, pencapaian prioritas nasional dan  percepatan pembangunan di daerah pemerintah kembali mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada pemerintah daerah salah satunya Pemerintah Kabupaten Lebak.

Definisi Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam Permendagri No. 117 Tahun 2017 adalah dana yang bersumber dari pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah .

Sejalan dengan penggunaan teknologi informasi (e-governmentI) dalam penyelenggaraan pemerintahan, proses pengusulan DAK Fisik saat ini menggunakan aplikasi KRISNA-DAK 2020. Di  Kabupaten Lebak dibentuk Tim Koordinasi dan Verifikasi usulan DAK Fisik Tahun 2020 yang beranggotakan Pejabat pada Bappeda, Sekretariat Daerah, BPKAD, dan Inspektorat.  Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Tim dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan DAK Tahun 2020 yaitu rapat persiapan teknis pelaksanaan verifikasi DAK Fisik yang dilaksanakan di Aula Bappeda Lebak (11/06/2019). Rapat ini membahas alur pengusulan dan verifikasi usulan program dan kegiatan pembangunan daerah melalui DAK fisik. Selain itu, melalui rapat teknis ini juga Tim dibekali dengan pemahaman Permendagri No.117 Tahun 2017 dimana di dalamnya dijelaskan peran anggota tim verifikasi sesuai tugas dan kewenangannya.  Selanjutnya, tim akan melakukan verifikasi usulan DAK Fisik Tahun 2020 bersama OPD teknis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak.