Laboratorium Inovasi Daerah Kabupaten Lebak Tahapan Deliver dan Display

Lebak – Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Lebak melakukan rapat Laboratorium Inovasi di aula Bappeda Kabupaten Lebak yang juga dihadiri oleh inovator daerah juga staff ahli dari LAN (Lembaga Administrasi Negara) acara dibuka oleh Ibu Kepala Bappeda Ir. Hj. Virgojanti, M.Si. bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Lebak, Selasa (20/08).

Dalam sambutannya Ibu Kepala Bappeda menjelaskan inovasi bukan hanya tentang teknologi tinggi dapat juga dengan sesuatu yang sederhana tetapi memiliki manfaat lebih dan pembaharuan dapat dikategorikan inovasi, saat ini inovasi baru terus bermunculan dan kelemahan yang saat ini terjadi adalah kurangnya kemampuan jurnalistik untuk mengelola inovasi baru sehingga banyak inovasi baru yang berserakan atas dasar itulah dibentuk Bidang Penelitian dan Pengembangan agar inovasi baru dapat di dokumentasikan dalam satu direktori agar dapat didokumentasikan, dikembangkan dan diduplikasi.

Inovasi saat ini memiliki dasar hukum dalam UU no.23 tahun 2014, dan dalam perjalanannya di kementrian LAN pun memiliki deputi baru yaitu deputi Inovasi sehingga dibuatlah Laboratorium Inovasi daerah dibeberapa kota, kemudian dikuatkan dengan kemunculan PP 28 tahun 2017 tentang inovasi daerah sesuai dengan amanat Bapak Presiden, bahwa daerah harus inovatif melakukan loncatan dan harus memberi nilai manfaat untuk kemajuan masyarakat.