Puluhan Pegawai Bappeda Lebak Antusias Ikuti Nobar Film AMBU

Tangerang – Puluhan pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak antusias mengikuti nonton bareng (nobar) film AMBU sekaligus buka puasa bersama di Supermall Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang, Jumat (17/05). Nobar ini juga dihadiri oleh Kepala Bappeda, Hj, Virgojanti, dan juga Sekretaris Daerah, Dede Jaelani.

Film AMBU merupakan film dengan latar belakang budaya suku Baduy yang begitu kuat dan tak jarang keindahan alam Baduy pun ikut disajikan. Ada beberapa adegan yang mengambil latar di objek wisata potensial yang dimiliki Kabupaten Lebak, diantaranya Wisata Budaya Baduy itu sendiri dan juga Pantai Sawarna serta Alun-Alun Rangkasbitung. Bahkan Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya, ikut ambil peran dalam film tersebut meskipun hanya beberapa menit saja.

Melalui film AMBU ini tentu diharapkan masyarakat Indonesia lebih mengenal suku Baduy, suku dari Indonesia yang hidup secara tradisional dan menyatu dengan alam. Pada tahun 2017, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menetapkan Suku Baduy menjadi warisan budaya tak benda yang diakui oleh negara. “Wisata Baduy bukan hanya aset budaya Indonesia, tapi juga aset internasional. Warga Baduy terus memegang teguh prinsip adat budayanya untuk melestarikan alam dan mematuhi aturan.” tutur Bupati Lebak saat menghadiri jumpa pers film AMBU, dikutip dari Warta Kota.

Seusai film diputar, tak sedikit yang tersedu-sedu sambil mengeluarkan air mata saat menonton film ini terutama kaum wanita. Hal tersebut tak dipungkiri, sebab film ini mengangkat konflik keluarga khususnya sosok seorang Ambu atau Ibu yang membuat penonton terbawa suasana. Namun, suasana haru tersebut setelah menonton film berubah menjadi canda tawa sesaat adzan Maghrib berkumandang. Momen buka puasa bersama kali ini terasa hangat, setidaknya hal tersebut bisa memupuk kebersamaan dan menjalin kekompakan antar pegawai sehingga semakin meningkatkan produktivitas kerja Bappeda Kabupaten Lebak.