Kunjungan Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta ke Bappeda Lebak

Rangkasbitung——-10 Orang Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, pada hari Kamis (16/05) mengunjungi Bappeda Kabupaten Lebak. Maksud kunjungan mereka adalah konsultasi dalam rangka kampanye kesehatan tentang Vaksinasi MR di Kabupaten Lebak. Adapun lokasi tempat mereka melaksanakan kampanye kesehatan yaitu Desa yang capaian Universal Child Immunization (UCI) masih rendah.

Rencana kerja kampanye kesehatan yang mereka lakukan sebagai berikut:

  • Sosialisasi tentang vaksinasi MR dilaksanakan pada bulan november 2019;
  • Konser amal yang dilaksanakan di Jakarta;
  • Imunisasi Measles and Rubela (IMR) secara gratis.

Adapun isi dari kegiatan sosialisasi tentang Imunisasi Measles and Rubela (IMR), antara lain sosialisasi tentang bahaya penyakit Campak dan Rubella tehadap anak – anak, “Dampak dari anak kecil yang terkena virus MR (Measles Rubella) ini bisa mengakibatkan kebutaan, radang otak, radang paru – paru, bahkan kematian”. Selain itu juga akan diadakan lomba-lomba untuk anak-anak seperti lomba melukis, agar sosialisasi terlihat lebih menarik sehingga banyak warga sekitar yang datang menghadiri acara sosialisasi IMR tersebut.

Kampanye kesehatan ini dilakukan, karena saat ini Kabupaten Lebak capaian vaksinasi MR nya masih rendah. Hal ini disebabkan karena masih banyak masyarakat yang anaknya tidak di vaksin MR, masyarakat yang mayoritas muslim merasa khawatir karena vaksin MR mengandung Babi.

Sedangkan untuk kegiatan konser amal dilaksanakan di Jakarta. Uang donasi yang terkumpul akan mereka gunakan untuk pelaksanaan pemberian Imunisasi Measles Rubella (IMR) secara gratis.

Awal tahun 2020 sekitar bulan Februari, mereka akan berkunjung kembali ke Kabupaten Lebak untuk melaksanakan vaksinasi MR secara gratis di lokasi kampanye kesehatan. Vaksinasi MR ini dilakukan oleh tenaga-tenaga kesehatan yang berkompeten.

Semoga dengan kedatangan Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta ke Kabupaten Lebak, akan memberikan dampak yang positif, sehingga capaian Universal Child Immunization (UCI) di Kabupaten Lebak dapat meningkat.