RAPAT AWAL PENYUSUNAN INDEKS KEPUASAAN MASYARAKAT (IKM) TERHADAP PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2019

Pada hari Selasa Tanggal 30 April 2019 telah dilaksanakan Rapat Awal Penyusunan  Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM). Rapat diadakan di Ruang Rapat  Bappeda Kabupaten Lebak pada Hari Selasa Tanggal 30 April  2019  pukul 09.00 Wib dan dihadiri oleh Tim Bappeda, Perwakilan OPD / Kasubag Program 30 OPD, Bagian Ortala Setda,dan Tim Untirta.

Rapat membahas mengenai persiapan pelaksanaan kegiatan Inventarisasi Masalah pelayanan Publik Tahun 2019, Review / Evaluasi Hasil IKM 2018 sebagai bahan perbaikan pelaksanaan IKM Tahun 2019, Dasar pelaksanaan penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakt Terhadap Pelayanan Publik Tahun 2019, Maksud dan Tujuan disusunnya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Pelayanan Publik Tahun 2019, serta ruang lingkup pelaksanaan penyusunan IKM Tahun 2019.

Berdasarkan analisis data, capaian kepuasan masyarakat atas pelayanan publik di Kabupaten Lebak Tahun 2018 melaui pelayanan kesehatan, pelayanan perijinan, pelayanan pajak daerah, dan pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan kepada masyarakat secara umum telah terkategori sangat baik dengan capaian angka indek sebesar 82,18, naik satu digit dari tahun 2017 sebesar 81, 86 pada mutu A (sangat memuaskan). Nilai IKM Kabupaten Lebak bisa dilihat dari table berikut :

Tabel 1.1 Gambaran Umum IKM Tahun 2013 -2018

Pada Tahun 2019 ini pengukuran IKM tidak lagi menggunakan pedoman Kepmen PAN Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 juncto Permen PAN & RB No.16/2014 namun akan menerapakan pedoman justifikasi hasil survey IKM yang mengacu pada Permen PAN dan RB Tahun 2017 seiring dengan penetapan RPJMD Tahun 2019-2023.Secara umum perubahan pedoman menurut ketentuan dimaksud terdapat pada perubahan range nilai indeks guna menentukan mutu dan kinerja pelayanan yang makin tinggi standarnya.

Tabel 1.2 Pedoman Justifikasi Nilai IKM

Mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017, survei kepuasan masyarakat pada dasarnya merupakan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari unit penyelenggara pelayanan publik. Namun demikian, hal yang menjadi perhatian utama atas hasil survei tersebut, adalah keharusan  adanya rumusan tentang saran perbaikan dari pemberi layanan yang disurvei mengingat bahwa tujuan dari survei itu sendiri adalah dalam rangka meningkatkan kualitaspelayanan publik. Pelaksanaan Survey IKM Tahun 2019 akan dimulai dari tanggal 1 Mei 2019 s.d 31 Agustus 2019.

Tabel 1.3 Perbandingan Survey IKM Tahun 2013-2019