CARE INTERNATIONAL di INDONESIA DALAM RANGKA MEMBANGUN KEMITRAAN DENGAN UKS/M KABUPATEN LEBAK

Bappeda —- selasa (29/04) Care International di Indonesia berkunjung ke Bappeda Lebak untuk membangun kemitraan dalam program Promoting a Sustainable and Food Secure World (PROSPER) dengan Tim Pembina UKS/M Kabupaten Lebak.

Program PROSPER adalah program kerjasama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Sekolah dan CARE International di Indonesia yang didukung oleh Cargill USA. Saat ini program dilaksanakan di Kabupaten serang (Banten) dan Kota Makassar (Sulawesi Selatan), tepatnya di 20 Sekolah Dasar di dua daerah tersebut.

Program ini dilatari temuan CARE International di Indonesia bahwa rasio antara jumlah siswa dengan ketersediaan toilet di sekolah masih sangat tinggi, masih terdapatnya banyak toilet di sekolah yang rusak dan menggunakan air yang terbatas dan tidak bersih.

CARE International di Indonesia berkeinginan membuat kemitraan dengan TP UKS/M Kabupaten Lebak, untuk itu mereka berkunjung ke Bappeda Lebak (Sekretariat TP UKS/M Kabupaten Lebak) dengan maksud mendapatkan data-data yang mereka perlukan dalam membuat proposal program PROSPER yang dapat dilaksanakan di Kabupaten Lebak. CARE International di Indonesia juga mempertanyakan apakah program PROSPER sesuai dengan prioritas pembangunan di Kabupaten Lebak?

Prioritas Pembangunan di Kabupaten Lebak yang terkait dengan program PROSPER adalah P2 yaitu “Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan”, dengan tujuan “Meningkatkan Layanan Bidang Pendidikan dan Kesehatan yang berkualitas, terjangkau dan merata bagi seluruh masyarakat”.

Program PROSPER yang dilaksanakan sejak tahun 2017 di Kabupaten Serang dan Kota Makassar berdurasi selama 30 bulan, dengan pendekatan program yang holistik. Artinya, selain melakukan pembangunan dan rehabilitasi fasilitas air, sanitasi dan kebersihan (WASH) di sekolah, di sisi lain juga mempromosikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui kegiatan dokter kecil serta promosi makanan sehat melalui kegiatan pelatihan gizi untuk murid, guru, penjaga kantin, pedagang jajanan sekolah, orangtua murid serta masyarakat sekitar sekolah.

Tim pembina UKS/M Kabupaten Lebak berharap semoga kemitraan ini dapat terwujud, sehingga Masyarakat di Kabupaten Lebak terbiasa dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama masyarakat di lingkungan Sekolah, serta dapat terpenuhinya sarana dan prasarana ketersediaan toilet dan sanitasi air bersih yang dibutuhkan sekolah di wilayah Kabupaten Lebak.