FORUM DATA SE-PROVINSI BANTEN

Pada 27 Maret lalu terselenggara acara Rapat Forum Data Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten dimana Pemerintah Kebupaten Lebak  dalam hal ini BAPPEDA Lebak turut hadir di KP3B. Acara ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan kegiatan penyediaan data dan informasi pembangunan dilakukan rapat pemetaan kebutuhan data tahun 2019 sebagai pelaksanaan amanat pasal 7 Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan daerah (SIPD). Sistem Informasi Pembangunan Daerah adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah.

Rapat Forum Data menjadi sarana komunikasi forum data se-Provinsi Banten yang mana Forum Data merupakan Forum Komunikasi yang membahas berbagai data dan informasi pembangunan dan media tukar menukar informasi dari berbagai pihak yang diharapkan dapat mencari solusi yang optimal dalam memenuhi kebutuhan data yang akurat, tepat waktu dan dapat dipertanggungjawabkan untuk dimanfaatkan sebagai bahan perencanaan pembangunan daerah yang terukur dan komprehensif.

Pengolahan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah mencakup data dan informasi gambaran umum kondisi daerah yang meliputi data kondisi geografis dan demografis daerah, dan data terkait dengan indikator kinerja kunci penyelenggaraan pemerintahan daerah meliputi aspek kesejahteraan masyarakat, aspek pelayanan umum dan aspek daya saing daerah.

Aspek Kesejahteraan Masyarakat memberikan gambaran dan hasil analisis terhadap kondisi kesejahteraan masyarakat, mencakup fokus kesejahteraan dan pemerataan ekonomi dan fokus kesejahteraan masyarakat serta fokus seni budaya dan olahraga. Aspek pelayanan umum memberikan gambaran umum, mencakup fokus urusan wajib dan fokus urusan pilihan. Aspek Daya Saing Daerah memberikan gambaran dan hasil analisis terhadap kondisi atau kemampuan daya saing suatu daerah. Aspek daya saing daerah mencakup 4 (empat) fokus, yaitu: Kemampuan Ekonomi Daerah, Fasilitas Wilayah / Infrastruktur, Iklim Berinvestasi dan Sumber Daya Manusia.

Untuk mengetahui capaian indikator kinerja dari setiap aspek, fokus menurut bidang urusan penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota sesuai dengan kewenangan yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Data yang diperoleh yang merupakan informasi yang sangat berharga untuk melakukan perencanaan pembangunan, publikasi informasi kemajuan daerah juga tergambar dari data yang akurat dan satu persepsi.

Kebutuhan akan data mutlak diperlukan dan harus dipenuhi agar pembangunan tepat guna. Terdapat ungkapan bahwa “data itu mahal, namun lebih mahal lagi membangun tanpa data”. Tentu yang dimaksud di dalam ungkapan ini adalah data pembangunan yang teruji validitasnya. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran contoh dengan angka yang sebenarnya. Dan yang tidak kalah penting adalah pembangunan yang dilaksanakan harus benar-benar bermanfaat dan dapat dipelihara kelangsungan dan keberadaannya.