Bappeda Lebak Gelar Konsultasi Publik RPJMD 2019-2024

Lebak– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak menggelar konsultasi publik untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2024.

Kepala Bappeda Lebak Virgojanti mengatakan RPJMD yang saat ini tengah disusun merupakan tahapan keempat dari rencana pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Lwbak tahun 2005-2025 dengan Visi Lebak menjadi daerah yang maju dan religius berbasis pedesaan.

“Dalam menyusun RPJMD tahun 2019-2024 tentu saja pemerintah harus merefleksi capaian yang telah berhasil hingga saat ini agar menjadi pijakan untuk mendesain kondisi yang akan diwujudkan dimasa depan,”kata Virgo saat membuka kegiatan konsultasi publik di Aula Multatuli Setda Lebak, Selasa, 22 Januari 2019.

Menurutnya, Konsultasi publik ini merupakan salah satu cara yang efektif agar semua pihak bisa menyampaikan gagasan atau ide untuk mewujudkan kabupaten Lebak yang lebih maju dimasa mendatang.

“Untuk mencapai visi 2019-2024 tentu saja perlu saran dan masukan dari semua pemangku kepentingan, terutama dalam merumuskan langkah-langkah strategis yang akan diimplementasikan pada program dan kegiatan pembangunan daerah,”jelasnya.

Sementara Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Lebak Dede Jaelani mengatakan visi pembangunan RPJMD tahun 2019 – 2024 yakni Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal yang memiliki lima misi pembangunan.

Kelima misi tersebut sambung Dede meliputi meningkatkan kualitas dan daya saing SDM, meningkatkan produktifitas pereknomian daerag melalui pengembangan pariwisata, meningkatkan ketersediaan infrastruktur wilayah, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kita berharap visi misi ini menjadi jawaban terhadap kondisi saat ini dan akan terjadi pada lima tahun kedepan,”imbuhnya.