BAPPEDA GELAR KONSULTASI PUBLIK

Lebak– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak menggelar Konsultasi publik di Aula Multatuli, Setda Kabupaten Lebak, Rabu, 16 Januari 2019.

Kepala Bappeda Lebak Virgojanti mengatakan Konsultasi publik dilaksanakan bertujuan untuk menyempurnakan rancangan awal rencana kinerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Lebak tahun 2020.

“Ya, hari ini kita menggelar konsultasi publik bersama 61 kepala OPD, dan beberapa pihak lainnya untuk menyempurnakan RKPD tahun 2020,”kata Virgo usai memberikan sambutan.

Virgo membeberkan konsultasi publik dilaksanakan juga sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tepatnya pasal 80 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancanhan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah dan rencana kerja pemerintah daerah.

“Rancangan awal RKPD 2020 yang disempurnakan melalui hasil konsultasi publik akan akan menjadi bahan bagi perangkat daerah dalam penyusunan rancangan awal Renja tahun 2020,”ujarnya.

Menurutnya, rancangan awal renja yang disusun akan dikolaborasikan dengan hasil musrenbang kecamatan dan pokok pikiran DPRD hasil penjaringan reses untuk dibahas dalam forum perangkat daerah.

“Hasil forum perangkat daerah yang disepakati akan menjari rancangan renja perangkat daerah yang alan diverifikasi oleh kami (Bappeda) dan menjadi bahan musrenbang tingkat Kabupaten,”pungkasnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak Dede Jaelani mengatakan untuk rencana kerja pemerintah daerah pada tahun 2020 tahapan pembangunan diarahkan kepada upaya menjadikan pariwisata sebagai pendorong utama pembangunan ekonomi daerah.

“Sesuai dengan Visi Bupati Lebak yang menjadikam Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal, kita harus bekerja maksimal dan optimis bahwa pariwisata akan menjadi lokomotif pendongkrak sektor ekonomi di Lebak,”pungkasnya.

Dede berharap agar konsultasi publik ini berjalan lancar dan menghasilkan poin-poin yang bermanfaat untuk masyarakat luas.