KABUPATEN LEBAK MEMASUKI PROGRAM NASIONAL YAKNI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS)

RANGKABITUNG – Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian & Evaluasi Pembangunan Daerah, Bappeda Kabupaten Lebak, Widi Ferdian, SP., MA. Sebagai nara sumber memaparkan, Pemerintah Kabupaten Lebak saat ini sudah memasuki program nasional yakni Sustainable Development Goals (SDGs).

Program awalnya dari MDGs (Milenium Development Goals)yang kemudian ada peningkatan menjadi Sustainable Development Goals (SDGs). Di dalam SDG tersebut kata Widi, selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebak.

“Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda)Kabupaten Lebak terus menggulirkan program global atau mendunia. Satu di antaranya, mengejar target pencapaian program tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs),” katanya.

Salah satu program SDG yang selaras yakni, kemiskinan, kesejahteraan, pendidikan, air bersih dan sanitasi, pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak, serta industri inovasi dan infrastruktur.

“SDG program global, program dari nasioanl bahkan dunia. Jadi semuanya harus mendukung,” katanya.

Masyarakat juga Pemerintah Kabupaten Lebak harus bisa mendukung program tersebut, karena Perpresnya sudah ada.

Seperti program penanggulangan kemiskinan di Pemkab Lebak yang selaras dengan SDG, dimana pihaknya melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat yakni Dinas Sosial (Dinsos).

“Salah satu goals dari SDGs itu ada di Dinas Sosial. Kita juga sedang mensinergiskan basis data terpadu. Jadi dengan itu kita akan sisir orang-orang miskin -by name by address-. Yang lainnya juga ada dan sama dengan program kerja di OPD lainnya,” tambahnya.