PERSIAPAN MENGHADAPI LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT PROVINSI BANTEN TAHUN 2018 JENJANG SMP/MTs

BAPPEDA LEBAK—– Tim Pembina UKS/M Kabupaten Lebak mengadakan rapat koordinasi dalam rangka persiapan Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Banten 2018 pada hari ini Senin, 15 Oktober 2018 di Aula Bappeda Lebak.

Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh Tim Pembina UKS/M Kabupaten Lebak dari beberapa instansi antara lain: Sekretariat Daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Kantor Kementerian Agama, Bappeda, Dinas Pertanian dan Perkebunan, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak.

Assisten Administrasi  Umum dan Kesra  Kabupaten Lebak, Drs. Dedi Lukman Indepur, M.Si, Selaku Ketua Harian TP UKS/M  Kabupaten Lebak berharap kepada seluruh Tim Pembina UKS/M Kabupaten agar mempersiapkan hal-hal apa saja yang perlu dibina dan dibutuhkan, sehingga perlu dukungan dari semua pihak baik itu dari sesi kesehatan, sesi pendidikan, sesi pertanian dan perkebunan maupun sesi lingkungan hidup, karena Bappeda sudah mempersiapkan anggaran agar instansi terkait program Trias UKS membuat perencanaan untuk mendukung program UKS.

Menurut Kepala Bappeda, Ir. Hj. Virgojanti, M.Si Lomba Sekolah Sehat (LSS) harus berkesinambungan ke depannya, tidak hanya saat akan ada penilaian LSS, tetapi menjadi kebiasaan siswa dalam melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Di tingkat Kecamatan, Tim Pembina UKS/M Kecamatan harus membina minimal 1 sekolah sehat yang dijadikan contoh untuk sekolah lainnya. TP UKS/M Kecamatan harus melaporkan kegiatannya di wilayahnya dengan menampilkan video atau foto-foto tentang pelaksanaan program Trias UKS di Sekolah/Madrasah yang dibina.

Penilaian LSS tingkat Kabupaten Lebak sudah dilaksanakan seminggu yang lalu, dan hasil dari lomba tersebut sebagai berikut :

  • Juara I : SMPN 2 Rangkasbitung
  • Juara II : SMPN 1 Kalanganyar
  • Juara III : SMPN 2 Cibeber

Dengan adanya hasil penilaian LSS tingkat Kabupaten tersebut, maka pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Banten Tahun 2018 diperkirakan akhir Oktober 2018 di SMP Negeri 2 Rangkasbitung, Kecamatan Rangkasbitung, mewakili Kabupaten Lebak.

Persiapan yang telah dilakukan Kepala Sekolah SMPN 2 Rangkasbitung antara lain mendatangkan Tim Juri Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten untuk melakukan bimbingan dan pembinaan tentang apa saja yang harus dibenahi.

Disamping membenahi administrasi yang ada sesuai dari masukan Tim Juri yang tak kalah pentingnya yaitu membenahi, membuat dan membersihkan fisik dari Sekolah tersebut seperti pengecatan  dinding dan plafon , renovasi jalan, renovasi halaman dan sekitar lingkungan sekolah juga membuat Tugu UKS  yang baru . selain itu, membenahi dan membuat Kantin.

Kegiatan yang non fisik yaitu mempersiapkan siswa lewat pelatihan dokter kecil yang sudah dilaksanakan oleh Tim UKS Puskesmas Rangkasbitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *