KABUPATEN LEBAK NOMINATOR ANUGERAH PANDU NEGERI (APN) TAHUN 2018

Anugerah Pandu Negeri (APN) adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh IIPG (Indonesian Institute for Public Governance) untuk memberikan penghargaan kepada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik serta pemimpin inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi birokrasi tata kelola pemerintahan yang amanah.

Kabupaten Lebak terpilih sebagai nominator APN Tahun 2018, dimana Proses Penilaian dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap yaitu :

  1. Tahap 1

IIPG menilai seluruh pemerintah daerah di Indonesia (548) berdasarkan kriteria (1) anti korupsi, (2) tata kelola keuangan, (3) tata kelola pemerintahan, (4) kinerja ekonomi.

135 pemerintah daerah yang terdiri dari 16 Provinsi, 80 Kabupaten, 39 kota yang memperoleh nilai tertinggi akan masuk nominasi dan diundang untuk mengikuti proses tahap selanjutnya. Bobot nilai semua aspek di Tahap 1 ini adalah 65 %.

  1. Tahap 2

Pemerintah daerah yang masuk nominasi diharapkan mempersiapkan materi untuk penilaian aspek strategic innovation yang memiliki bobot terbesar (35 %) dalam penilaian APN. Strategic Inovation adalah inovasi yang dapat menghasilkan transformasi tata kelola maupun pertumbuhan di bidang sosio-ekonomi dan pembangunan jangka panjang. Materi strategic innovation berisi deskripsi mengenai  Visi misi pemrintah daerah, Tiga program inovasi unggulan/terbaik peluncuran pada periode Januari 2015-Desember 2017, Pencapaian/realisai ketiga program unggulan tersebut hingga ahir 2017, Dampak sosio-ekonomi dari ketiga program unggulan tersebut bagi masyarakat.