TRANSFORMASI BAPPEDA KABUPATEN LEBAK DALAM E- PLANNING MENUJU TATA KELOLA E-GOVERNMENT

Dalam rangka implementasi Permendagri nomor 86 tahun 2017 pada pasal 14 bahwa penyusunan RPJPD, RPJMD, dan RKPD harus berbasis e-planning, sehingga di pertengahan tahun 2017 Bappeda Kabupaten Lebak telah menerapkan sebuah sistem aplikasi dengan sebutan SIMRAL (Sistem Informasi Manajemen peRencanaan, pengAnggaran dan peLaporan).

Namun dalam upaya peningkatan SIMRAL Bappeda Kabupaten Lebak melakukan studi komporasi ke Bappeda Kabupaten Banyuwangi dengan sasarannya yaitu :

  1. Mempelajari beberapa best practice yang dilakukan oleh Pemkab Banyuwangi dalam penerapan E-Government terutama sistem aplikasi SIMRAL dan kebijakan pengembangan pariwisata.
  2. Mempelajari terobosan Pemkab Banyuwangi dalam meningkatkan daya saing wilayah dan tata kelola pemerintahan.

Sehingga kita dapat menarik kesimpulan dari informasi yang diperoleh hasil studi komparasi dengan Bappeda Kabupaten Banyuwangi sebagai     berikut :

  1. Untuk melakukan pengembangan berkelanjutan terhadap aplikasi SIMRAL sebagai fasilitasi sistem bagi tata kelola perencanaan, penganggaran dan pelaporan.
  2. Untuk melakukakan penataan tata kelola pemerintahan melalui kebijakan dan strategi dalam peningkatan daya saing wilayah.
  3. Untuk melakukan komitmen bersama antara pemerintah dengan masyarakat terhadap pengembangan pariwisata.