LAUNCHING MEKANISME PEMUTAKHIRAN MANDIRI

Launching Mekanisme Pemutakhiran Mandiri dilaksanakan tanggal 18 September 2018 di Aula Multatuli, dengan unsur peserta dari seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Lebak,  Kepolisian, Camat, Kepala Desa/Lurah dan Tim Koordinasi Teknis Mekanisme Pemutakhiran Mandiri di Kabupaten Lebak.

Acara diawali dengan Laporan Wakil Bupati H. Ade Sumardi, SE, MSi selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 050/Kep.117-Bappeda/2018 Tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Lebak. Dilanjutkan dengan Sambutan oleh Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya, SE, MM yang berisi antara lain mengenai penerima JKN PBI berjumlah 820.642 jiwa sedangkan pada BDT 2015 jumlah individu 433.797 jiwa. Dapat diartikan bahwa seharusnya penduduk miskin di Kabupaten Lebak sudah tercover oleh Program JKN bahkan lebih. Namun selama ini masih banyak permintaan Surat Keterangan Miskin (SKTM) untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Dengan contoh seperti kemungkinan masih ada data masyarakat yang seharusnya tidak berhak masuk sebagai penerima manfaat begitupun sebaliknya. Kondisi ini dalam ilmu statistik dikenal dengan istilah EXCLUSION ERROR DAN INCLUSION ERROR. Untuk itu Ibu Bupati menghimbau kepada para pemangku kepentingan agar senantiasa bersikap profesional dan memiliki integritas yang tinggi dalam melaksanakan dan mendukung pelaksanaan Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM). Dan juga menghimbau kepada para canat dan kepala desa/lurah agar segera melaksanakan langkah-langkah yang konkrit sesuai dengan fungsi dan kapasitasnya dalam mendukung MPM ini. Sambutan Ibu Bupati diakhiri dengan penandatangan pakta integritas oleh kepala desa/lurah yang secara simbolis diwakili oleh 6 desa. Pakta integritas ini menegaskan kesungguhan kepala desa/lurah dalam mendukung MPM sesuai tahapan dan juknis.

Narasumber launching tidak hanya dari Kabupaten Lebak saja, melainkan juga dari Tim Nasional Percepatan  Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) serta  Provinsi Banten. Tema-tema yang diusung oleh narasumber adalah sebagai berikut :

  1. Sinergitas Data Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Yang Berbasis Pada Pemenuhan Kebutuhan Dasar, disampaikan oleh Asisten Ketua Pokja TNP2K yaitu Ardi Adji
  2. Upaya Pemerintah Provinsi Banten Dalam Menurunkan Tingkat Kemiskinan Melalui Kebijakan Pembangunan Kewilayahan, disampaikan oleh Kepala Bappeda Provinsi Banten selaku Sekretaris TKPK Provinsi Banten yaitu DR. H. Muhtarom, SE, MM, Ak.CA
  3. Pelaksanaan Mekanisme Pemutakhiran Mandiri di Kabupaten Lebak, disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Lebak yaitu Ir. Hj. Virgojanti, MSi.