VERIFIKASI PERUBAHAN RENJA OPD TAHUN 2018

Lebak- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Lebak, kembali menjadwalkan verifikasi Perubahan Rencana Kerja (Renja) yg di ikuti  oleh 61 Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Lebak.  Bappeda bertindak sebagai verifikator yang terdiri dari Bidang Perencanaan Pengendalian Evaluasi Pembangunan Daerah, Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia, Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Bidang Litbang, Bidang Infrastruktur Kewilayahan, dan Sekretariat. Verifikasi Perubahan Renja OPD Tahun 2018 dilaksanakan hari pada tanggal 23 Juli 2018 s/d 26  Juli 2018 bertempat di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Lebak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Mengacu kepada Surat Edaran Bupati Lebak Nomor : 050/1.401-Bapp/2018 Tentang Pedoman Penyusunan Perubahan Renja OPD dalam penyusunannya perubahan renja OPD harus mengacu pada Renstra Perangkat daerah dan Perubahan RKPD . Perubahan RKPD dan Perubahan Renja Perangkat Daerah Tahun 2018 dilakukan apabila  berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaanya dalam tahun berjalan menunjukan adanya ketidaksesuaian dengan perkembangan keadaan. Ketidaksesuaian itu antara lain meliputi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi prioritas pembangunan daerah, kerangka ekonomi daerah dan keuangan daerah, rencana program dan kegiatan RKPD berkenaan serta Keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun anggaran sebelumnya harus digunakan untuk tahun berjalan. Dengan mempertimbangkan asumsi tersebut, untuk itu telah terjadi penyesuaian RKPD yang dituangkan dalam rancangan Perubahan RKPD yang menjadi acuan bagi organisasi Perangkat daerah dalam menyusun perubahan Renja OPD Tahun 2018.

Agenda verifikasi Perubahan Renja OPD dilaksanakan untuk memastikan adanya konsistensi penyusunan renja Perangkat Daerah dengan rancangan Perubahan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lebak Tahun 2018. hal ini ditujukan guna menyelaraskan antara program, kegiatan, anggaran, serta mempertajam indikator dan target kinerja yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari Perangkat Daerah.

Diharapkan dengan adanya verifikasi Perubahan Renja Perangkat Daerah Tahun 2018 ini maka akan tercipta konsistensi untuk mendukung suksesnya pencapaian sasaran pembangunan daerah sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Rencana Kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Lebak.