Dikat Non Gelar PPD RPJMD Tahun 2018

BANDUNG – Sebanyak 25 peserta perwakilan dari kabupaten/kota di Jawa Barat dan Banten mengikuti Diklat Non Gelar PPD RPJMD Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh LP3E Universitas Padjajaran Bandung Jl. Dipati Ukur No.35, Bandung 40132. Kegiatan Diklat ini dilaksanakan terhitung sejak tanggal 16 April – 28 April 2018. Sebagai bentuk partisipasi atas kegiatan tersebut, Kabupaten Lebak mengirimkan 3 peserta yang merupakan Perwakilan dari Bappeda,   Bapenda dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.  Untuk Bappeda Kabupaten Lebak dihadiri oleh Dasep Novian, ST.,MT selaku Kasubid Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah.

Proses perkuliahan yang dinamis dengan pengajar yang kompeten berhasil menstimulus ide dan gagasan peserta tentang berbagai permasalahan dalam perencanaan. Pemaparan materi, diskusi dan praktek penyusunan RPJMD adalah metode pembelajaran yang secara simultan dilakukan oleh para pengajar. Pada kegiatan tersebut peserta diperkenalkan materi-materi perencanaan pembangunan  baik keilmuan yang bersifat eksakta maupun sosial.

Adiatma Yudistira Manogar Siregar, SE.,MeconSt, yang membuka Diklat mengungkapkan: “ masalah pembangunan selalu berkembang seiring dengan globalisasi dan kompleksitas permasalahan di masyarakat. Isu-isu mutakhir dengan perkempangan IPTEK sangat cepat tersebar tidak terkecuali ke daeah-daerah, oleh karenanya kegiatan Diklat Non Gelar PPD RPJMD ini diharapkan menjadi masukan yang bergizi untuk mengasilkan perencanaan pembangunan yang mampu beradaftasi di era millenial ini”.

Lebih lanjut, Dasep Novian, ST.,MM perwakilan Bappeda Kabupaten Lebak merespon positif kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan Diklat PPD RPJMD harus sering dilakukan  selain untuk memberikan transfer knowledge kepada  para ASN, kegiatan ini juga untuk merefresh wawasan, peraturan baru dan kemitraan dunia akademis dengan pemerintahan.

Bagi Pemerintah Kabupaten Lebak yang pada Tahun 2018 mulai menyusun RPJMD untuk periode 2019-2023, Pengatahuan dan wawasan yang diperoleh peserta Diklat PPD RPJMD diharapkan bisa diaplikasikan untuk memberikan warna dan inovasi dalam proses perencanaan pembangunan di Kabupaten Lebak.