VERIFIKASI RANCANGAN RENCANA KERJA (RENJA) PERANGKAT DAERAH TAHUN 2019

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak, melaksanakan verifikasi rancangan renja perangkat Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2019. Verifikasi rancangan renja perangkat daerah Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 27-29 Maret 2018 bertempat di aula kantor Bappeda Kabupaten Lebak.

Pelaksanaan verifikasi rancangan renja Perangkat Daerah oleh Bappeda Kabupaten Lebak merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagaimana termuat dalam pasal 133 ayat (1) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. yang menjelaskan bahwa rancangan renja perangkat daerah yang telah dilaksanakan pembahasan dalam forum lintas perangkat daerah disampaikan untuk dilakukan proses verifikasi sebagai bahan penyempurnaan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019.

Verifikasi Rancangan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Lebak diikuti oleh 61 Perangkat Daerah sebagai peserta yang menangani perencanaan. Terdiri dari 33 SKPD dan 28 Kecamatan dengan membawa Dokumen Rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2019. Verifikasi tersebut dilakukan oleh seluruh kepala bidang dan kepala sub bidang Bappeda Kabupaten Lebak. Yang terdiri dari Bidang Perencanaan Pengendalian Evaluasi Pembangunan Daerah, Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia, Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Bidang Litbang, Bidang Infrastruktur Kewilayahan, dan Sekretariat yang bertugas sebagai Verifikator sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Mengacu kepada Surat Edaran Bupati Lebak Nomor : 050/132-Bapp/2018 Tentang Pedoman Penyempurnaan Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah tahun 2019 Penyajian rancangan awal renja Perangkat Daerah terdiri dari gambaran umum penyusunan rancangan renja, Evaluasi pelaksanaan renja tahun lalu dan capaian renstra SKPD, Analisis kinerja pelayanan Perangkat Daerah, Isu-Isu penting penyelenggaraan tugas dan fungsi Perangkat Daerah, Review terhadap rancangan awal RKPD, Penelahaan usulan program dan kegiatan masyarakat, serta menentukan tujuan, sasaran, program dan kegiatan Perangkat Daerah.

Agenda verifikasi renja Perangkat Daerah dilaksanakan untuk memastikan adanya konsistensi penyusunan renja Perangkat Daerah dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lebak Tahun 2019. hal ini ditujukan guna menyelaraskan antara program, kegiatan, anggaran, serta mempertajam indikator dan target kinerja yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari perangkat daerah.

Diharapkan dengan adanya verifikasi Rancangan Renja Perangkat Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2019 ini maka akan tercipta konsistensi antara rencana kerja Perangkat Daerah dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019, dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran pelaksanaan dan pendanaan program kegiatan yang menitikberatkan kepada  peningkatan kinerja  perencanaan dan penganggaran  yang terpadu dan efisien  sesuai dengan prioritas pembangunan Daerah Kabupaten Lebak.