Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan (SIMRAL) Modul Perencanaan

RANGKASBITUNG – Ruang Rapat Terbatas Setda Kabupaten Lebak. Bappeda Kabupaten Lebak mengadakan kegiatan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aplikasi SIMRAL Modul Perencanaan. Pada acara yang dihadiri oleh Kepala Bidang Aplikasi dan Informasi LPSE Dinas Kominfo Kabupaten Lebak, Kasubid Perencanaan Anggaran BPKAD Kabupaten Lebak dan Kasubag Program Seluruh Perangkat Daerah.  Dengan penggunaan Aplikasi SIMRAL diharapkan proses perencanaan dan penganggaran dapat terintegrasi, efektif dan efisien. Aplikasi SIMRAL juga merupakan wujud nyata Pemerintah Kabupaten Lebak dalam pelaksanaan Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi melalui e-government. Kamis (15/02/2018).

Kepala Bappeda Kabupaten Lebak Ir. H. Virgojanti, M.si sebagai pembicara pertama yang membuka acara tersebut  yang didampingi  Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda  Kabupaten Lebak menyampaikan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini harus dimanfaatkan oleh semua stakeholder termasuk  pemerintah daerah. Seperti inovasi yang dibuat oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan membuat aplikasi SIMRAL, aplikasi ini sangat bermanfaat dalam rangka mewujudkan integrasi perencanaan dan penganggaran yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Terkait hal tersebut, maka untuk tahun perencacnaan 2019 diharapkan aplikasi SIMRAL sudah dapat digunakan oleh seluruh perangkat darah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lebak.

Selanjutnya kegiatan ini diisi dengan materi teknis SIMRAL,  kali ini dipaparkan tahapan inputing program/kegiatan dari usulan musrenbang kecamatan sebagai bahan pelaksanaan forum perangkat daerah dan penyusunan renja perangkat daerah tahun perencanaan 2019. oleh karenanya para kasubag program harus lebih teliti dalam menginput rencana kegiatan, informasi lokasi, identifikasi pengusul dan rincian pagu usulan kegiatan hasil musrenbang kecamatan sebagai usulan masyarakat.

Pada tahap akhir acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dari seluruh peserta yang hadir dalam pelatihan SIMRAL tersebut. (BAPPEDA KABUPATEN LEBAK)