Asistensi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Lebak dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

JAKARTA – Bupati Lebak  Iti Octavia Jayabaya beserta Jajaran Pejabat  Esselon II, III, dan IV melakukan asistensi dan evaluasi SAKIP ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang  diterima langsung oleh Muhammad Yusuf Ateh, Ak.,MBA selaku Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan (15/01/2018).  

Asistensi ini  sebagai bentuk pemenuhan undangan dari Kementerian Menpan RB dalam rangka penilaian SAKIP Tahun 2018. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan amanat  dari Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Tujuannya adalah untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sehingga diharapkan kegiatan-kegiatan pembangunan yang dilakukan dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Iti Octavia Jayabaya menyampaikan: “ Asistensi SAKIP yang kami lakukan sebagai bentuk kooperatif Pemerintah Kabupaten Lebak dalam mendukung tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) di Indonesia. Selaian itu, kami berharap kegiatan ini ada tukar gagasan  dan transfer knowladge  sehingga predikat SAKIP Kabupaten Lebak meningkat dari predikat B (Baik) pada tahun sebelumnya menjadi predikat BB (Sangat Baik) pada tahun ini.

Beberapa point penting yang disampaikan oleh Bupati Lebak yaitu terkait isu strategis, perencanaan kinerja, keselarasan kinerja, identifikasi efisiensi hasil penyelarasan, dan integrasi SAKIP Kabupaten Lebak  dalam aplikasi. 

Selanjutnya hasil dari asistensi SAKIP akan disosialisasikan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah agar segera bisa diimplementasikan. Bupati juga menekankan, penting untuk menelaah kembali sasaran dan tujuan perangkat daerah  dengan menganalisa kegiatan-kegiatan mana saja yang perlu dilakukan efisiensi guna meningkatkan kebermanfaatan anggaran (BAPPEDA KABUPATEN LEBAK).