RAPAT KOORDINASI DAN PEMBINAAN SEMESTER II TP UKS/M KABUPATEN

Anak usia sekolah merupakan kelompok yang rentan terhadap berbagai masalah, terutama masalah yang berkaitan dengan kesehatan, maka perlu dilakukan pembinaan dan pelayanan kesehatan kepada anak sekolah secara lintas program maupun lintas sektoral, melalui Tim Pembina UKS/M tingkat Kabupaten maupun Tim Pembina UKS/M tingkat Kecamatan serta Tim Pelaksana UKS/M di sekolah masing-masing.

Demikian salah satu isi sambutan tertulis Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya, SE, MM yang dibacakan oleh Asda Umum dan Kesra Setda, Drs. Dedi Lukman Indepur, M.Si  saat membuka acara Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/M) tingkat Kabupaten, Rabu (15/11/2017) di Aula Multatuli lantai III Setda.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan Pelaksanaan program UKS/M tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya koordinasi dan konsolidasi sektor-sektor terkait sesuai dengan tupoksi masing-masing yang tergabung dalam Tim Pembina UKS/M, baik di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan.

Sementara itu, panitia penyelenggara, Yosep Mohamad Holis, S.Hut, MT, M.Sc, dalam laporannya menyampaikan tujuan diselenggarakannya rakor adalah dalam rangka Evaluasi dan pembinaan TP UKS/M Kecamatan, Tim Pelaksana UKS/M Sekolah, serta untuk persiapan menghadapi penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi.

Adapun peserta rakor berjumlah 200 orang yang terdiri dari Bupati Lebak, Wakil Bupati Lebak, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebak, Camat, Kepala UPT Disdikbud, Kepala UPT Puskesmas, Pengawas Pendais/ Kepala KUA, Ketua PKK,  Tim Pembina UKS/M Kabupaten Lebak, Tim Pembina UKS/M Kecamatan,  Tim Pelaksana  UKS/M di Sekolah/Madrasah, Dokter kecil, dan Kader Kesehatan Remaja dari Sekolah/Madrasah pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Lebak.

Sedangkan para narasumber dan materi, yaitu Koordinator TP UKS/M Provinsi Banten yang memberikan materi dengan tema Penguatan pelaksanaan UKS/M di tingkat dasar dan lanjutan serta pengembangan model sekolah sehat. Narasumber lainnya dari perwakilan Disdikbud  (Imam Suangsa, S.IP, M.Si , Sekretaris Disdikbud Lebak) yang mengupas tentang Upaya mewujudkan sekolah yang sehat di Kabupaten Lebak.

Dalam rakor ini juga akan ada pemberian Reward kepada Sekolah Pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten tahun 2017.

image005

 

Pemenang LSS dari Jenjang TK s.d SMP : TK Insan Karima Kec. Rangkasbitung (Juara I), PAUD Terpadu Dahlia Ceria TK/Kober Kec. Cilograng (Juara II), TK Pusat PAUD Melati Kec. Cimarga (Juara III), SDN 1 Cireundeu Kec.Cilograng (Juara I), SDN 1 Rangkasbitung Barat (Juara II), SDN 1 Jayapura Kec.Cipanas  (Juara III), SMPN 1 Cipanas (Juara I), SMPT Al-Qudwah Kec. Kalanganyar (Juara II), SMPN 2 Sajira (Juara III).