SOSIALISASI MEKANISME PEMUTAKHIRAN MANDIRI TINGKAT KABUPATEN DAN KECAMATAN

Pada tanggal 29 November 2017 dilaksanakan Sosialisasi Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) Tingkat Kabupaten dan Kecamatan di Aula PKK Kabupaten Lebak. Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Bappeda Ir. Hj. Virgojanti, MSi dan sebagai moderator Kepala Bidang PP Perekonomian dan SDA Iman Hidayat, SE, ME. Narasumber Yayan Surahman dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dibawah Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia dan dari Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Provinsi yaitu Pak Anda.

image005Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) merupakan lanjutan atau dapat dikatakan pemutakhiran data dari Basis Data Terpadu Tahun 2015.
Sejalan dengan Undang-Undang no 13 Tahun 2011, Pemerintah Indonesia mengembangkan Mekanisme Pendaftaran Mandiri (MPM) untuk memfasilitasi penduduk miskin dan kurang mampu agar dapat mendaftarkan diri secara aktif (on demand application) dan diverifikasi secara obyektif serta didaftarkan ke dalam yang belum terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin.
Melalui pelaksanaan MPM, pemutakhiran Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin dapat dilakukan secara lebih dinamis dan,kemudian, kesalahan eksklusi (exclusion error) dalam penargetan program perlindungan sosial dapat diminimalkan.

image007image009