INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA) TAHUN 2017

Pelaksanaan Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2017 yang diinsiasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui serangkaian tahapan, mulai dari penjaringan profil inovasi daerah pada bulan Agustus.  Kemudian dilanjutkan dengan verifikasi profil bulan September, validasi pada Oktober-November melalui presentasi kepala daerah dan temuan lapangan, dan pemberian penghargaan Innovative Government Award . Kali ini terdapat 3 Gubernur, 10  Bupati dan 10 Walikota yang menerima predikat Pemerintah Daerah Inovatif dalam Innovative Government Award tahun 2017. Ketiga provinsi yang mendapat predikat Pemda Inovatif adalah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan. Sementara 10 kabupaten yang meraih predikat yang sama yakni   Kabupaten Lebak, Madiun, Malang, Gresik, Sleman, Boyolali, Bogor, Musi Rawas, Bantaeng, dan Pinrang.  Sedangkan untuk tingkat kota, predikat sebagai daerah inovatif diberikan kepada Kota Tangerang Selatan, Surabaya, Surakarta, Probolinggo, Magelang, Yogyakarta, Makasar, Pontianak, Sawahlunto, dan Bontang.

“Salah satu kunci daya saing nasional, adalah inovasi dari daerah. Karena itu, kepala daerah harus berani untuk berinovasi. Dan, jangan puas dengan satu inovasi. Tapi terus menerus melahirkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat” demikian dikatakan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, acara Malam Penghargaan Innovative Government Award (IGA) dan Leadership Award Tahun 2017 di Hotel Grand Sahid, Jakarta pada Senin (18/12). Menurut Tjahjo, inovasi para kepala daerah sangat penting. Karena  kemajuan Indonesia, khususnya dalam meningkatkan daya saing akan terwujud jika semua daerah bergerak melakukan inovasi-inovasi di daerahnya masing-masing.

Inovasi Daerah yang telah diterapkan pada Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak dalam mendukung Lebak Cerdas, Lebak Sehat, Lebak Sejahtera yaitu UJAS (Undang, Jemput, Antar, Selamat), Mantri Tani Desa (MTD), dan NRPDes (Nomor Register Perangkat Desa).